Selasa, 15 September 2015

Persiapan Melahirkan

Persiapan Melahirkan 


Persiapan Melahirkan


Memasuki umur kehamilan trimester tiga, bunda sering cemas. Kecemasan paling umum terjadi karena ibu hamil merasakan kurang persiapan menjelang melahirkan. 

Persiapan bukan hanya perlengkapan melahirkan akan tetapi fisik, psikis dan sokongan dari orang sekitar. 
Persiapan Melahirkan

Melahirkan yang tenang banyak diidamkan oleh ibu hamil. 

Perasaan tenang tidak hanya timbul di dalam diri ibu akan tetapi sokongan dari orang sekitar dan persiapan mengelola diri sehingga dapat menghadapi melahirkan dengan tenang . 

Beberapa ibu hamil seringkali bingung apa saja yang mesti dipersiapkan mendekati hari melahirkan. 

Persiapan Melahirkan
Bahkan seringkali stress sendiri karena khawatir persiapan kurang tepat atau persiapan melahirkan ada yang terlewati.

Pada artikel kali ini kami akan membagi informasi mengenai persiapan persalinan yang dapat membuat anda tenang dan siap menghadapi melahirkan.

Tentu saja dengan mengelola diri dan persiapan perlengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan melahirkan.

Persiapan Melahirkan

Persiapan Melahirkan

Memasuki trimester ketiga ibu hamil seringkali merasakan ketidaknyamanan. 

Selain kondisi fisik ibu yang semakin membesar. Kondisi yang membuat ibu tidak nyaman adalah ketika pemikirannya dihantui rasa cemas yang berlebihan dalam mempersiapkan persalinan . 

Persiapan Melahirkan
Khawatir yang berlebih yang membuat bunda hamil semakin merasa tidak nyaman akan menghambat persalinan . 

Semestinya bunda hamil memiliki persiapan badan dan mental menjelang persalinan . 

Walaupun tidak dapat disembunyikan lagi menunggu kehadiran buah hati memang merupakan kondisi yang mendebarkan.

Persiapan Melahirkan

Dengan melakukan persiapan persalinan maka akan membuat diri lebih dikelola dan dapat dipersiapkan dengan baik mendekati persalinan . Biasanya persiapan melahirkan dapat dilakukan pada umur kehamilan 5 minggu sebelum melahirkan atau lebih awal dari waktu tersebut yaitu dengan mempersiapkan diri dengan latihan-latihan yang akan mendukung persalinan .



Persiapan Melahirkan Normal

Persiapan Melahirkan

Ibu hamil mengidamkan melahirkan normal meskipun tidak semua ibu hamil dapat melakukan melahirkan normal. 

Melahirkan normal yaitu kondisi dimana bunda hamil melahirkan melalui kejadian secara alami. ibu hamil akan mengalami kontraksi kemudian mengalami bayi dapat dilahirkan melalui jalan lahir. 

Persiapan Melahirkan
Proses melahirkan normal sering juga disebut persalinan alami yaitu kondisi alami yanng dialami oleh ibu hamil yang mengalami kontraksi kemudian bayi dapat dilahirkan.

Proses melahirkan secara normal harus dipersiapkan dengan kesiapan mental bunda hamil, latihan yang mendukung fisik, pernapasan dan latihan mengejan pada ibu hamil sehingga dapat lancar dalam proses melahirkan. 

Selain itu riwayat kesehatan ibu hamil sangat dipertimbangkan untuk mendukung persalinan normal. 

Bahkan kondisi dan posisi janin ikut menentukan apakah bunda hamil dapat melakukan persalinan normal atau harus melakukan melahirkan dengan menggunakan pembedahan.

Persiapan Melahirkan Caesar

Persiapan Melahirkan

Persalinan sesar atau bedah sesar dikenal juga dengan istilah caesarean section yaitu proses melahirkan yang melalui pembedahan dengan melakukan irisan di perut dan rahim ketika mengeluarkan bayi. 

Operasi caesar dilakukan ketika melahirkan yang normal tidak dapat dilakukan karena adanya faktor resiko dan komplikasi medis baik pada kesehatan ibu hamil ataupun kondisi janin.
Persiapan Melahirkan

Pentingnya melakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter kandungan untuk mengetahui kondisi bunda dan janin menjelang melahirkan. 

Apabila ditemukan kondisi yang kurang mendukung dalam persalinan normal maka dokter kandungan akan menyarankan melalui operasi caesar. 

Selain itu kondisi kelahiran secara caesar sering juga diminta oleh ibu hamil, dokter kandungan akan mempertimbangkan melihat kondisi ibu dan janin.


Tips Persiapan Melahirkan Agar Tenang

Persiapan Melahirkan

Bunda hamil mengkhawatirkan akan mengalami kondisi melahirkan yang menyakitkan. Persalinan normal maupun melahirkan caesar dapat anda lalui dengan perasaan nyaman asalkan anda telah mempersiapkan kondisi anda jauh sebelum hari persalinan tiba.

Dokter dapat memprediksi kelahiran anda meskipun demikian ada saja yang lebih awal atau lebih lambat dari prediksi hari lahir yang diberitahukann dokter. 

Mengingat hal tersebut anda mesti mempersiapkan melahirkan di umur kehamilan 7 bulan atau memasuki usia 8 bulan. Selain itu yang membuat ibu hamil memiliki kejiwaan yang nyaman dan persiapan yang matang menjelang melahirkan dapat anda kelola dengan baik. 
Persiapan Melahirkan

Berikut adalah cara mengelola diri agar bunda hamil siap menjelang persalinan lebih tenang :

1. Persiapan mental


Persiapan Melahirkan
Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai pilihan metode melahirkan anda lebih siap dengan segala melahirkan pilihan anda. 

Meskipun anda menginginkan melahirkan normal apabila kondisi ibu dan janin tidak mendukung maka persalinan caesar dapat menjadi pilihan. 

Anda dapat mencari informasi dan berbagi dengan ibu hamil yang telah melakukan pilihan persalinan anda nanti. 

Setiap melahirkan memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga anda dapat lebih siap menjelang melahirkan dengan metode pilihan yang anda tentukan.
Persiapan Melahirkan

Bekal kejiwaan dengan pilihan cara melahirkan yang tepat akan membantu anda mengurangi rasa cemas dan khawatir. 

Anda mempersiapkan kejiwaan dengan mengelola rasa stress dan khawatir yang berlebih bahwa persalinan merupakan proses yang membahagiakan untuk menyambut buah hati anda. 

Selain itu sokongan dari suami dan keluarga memang sangat dibutuhkan untuk dapat membuat jiwa anda lebih tenang .

2. Memilih Tempat Melahirkan

Persiapan Melahirkan


Tidak kalah penting ketika memasuki umur kehamilan 7 bulan anda mempersiapkan tempat persalinan yang tepat. 

Perhatikan jarak tempuh yang antara rumah dengan rumah sakit bersalin agar dapat melakukan persiapan. 

Beberapa rumah bersalin bahkan dapat melakukan pesan kamar. 

Sehingga dapat memesan jauh jauh hari untuk mendapatkan kamar yang diingikan. 

Beberapa ibu hamil justru merasakan dampak pada kondisi psikis yang memburuk karena kondisi ruangan yang tidak sesuai harapan.

3. Perlengkapan bunda dan Bayi

Persiapan Melahirkan

Tidak kalah penting dalam mempersiapkan persalinan yang nyaman didukung oleh perlengkapan bunda dan bayi. 

Kebutuhan untuk bayi bisa kita persiapkan empat minggu sebelum hari kelahiran bayi. 

Anda dapat membeli pakaian yang sesuai dengan keperluan.

Baju yang dapat membantu anda dengan membeli popok, selimut, tisu, sarung tangan, bantal, kaos kaki, tempat tidur, perlak dan perlengkapan bayi.

Bahkan anda dapat menambahkannya dengan keperluan lainnya seperti pompa ASI dan lain-lain. 

Sedangkan untuk bunda setelah melahirkan mempersiapkan pembalut pasca melahirkan, bra khusus untuk ibu menyusui, baju yang berkancing depan atau perlengkapan yang diperlukan sehingga mendukung bunda setelah persalinan .

4. Memahami Tanda Persalinan dan Dukungan dari keluarga

Persiapan Melahirkan

Anda dapat memahami tanda-tanda melahirkan semakin dekat. 

Anda dapat mencari informasi dari dokter kandungan atau berbagi dengan bunda yang telah melahirkan sehingga tidak keliru dengan kontraksi yang dialami oleh bunda hamil. 

Beberapa kontraksi terkadang hanya kontraksi palsu yang membuat bunda hamil menyangka sudah menjelang hari lahir akan tetapi salah bukan kontraksi menjelang persalinan yang di tunggu.
Selain itu sokongan dari keluarga sangat diperlukan menjelang persalinan . 

Orang terdekat seperti suami adalah orang yang terpenting dalam memberikan dukungan menjelang melahirkan. Anda dapat menceritakan kekhawatiran anda kepada suami anda sehingga dapat sharing yang terbaik untuk menemukan solusi yang terbaik.
Persiapan Melahirkan